Sunday 14 May 2017

Cara Menginstal Windows 8 Dengan Flashdisk

Banyak sekali pengguna Operating System Windows, baik itu Windows XP, 7, 8, 10. Namun ada suatu waktu Operating System tersebut mengalami kerusakan. Berikut adalah acuan tentang cara menginstall windows 8 dari flashdisk, berlaku untuk menginstal sistem windows 7/8/8.1 pake atau lewat flashdisk diuraikan dengan selengkapnya.
Instalasi ini berlaku untuk windows 7, 8, 8.1, 32 bit, 64 bit, juga dapat digunakan untuk Windows XP, dan cara ini sudah berulangkali saya coba sendiri ke berbagai macam Hard disk baik Komputer, Laptop, Netbook, dan 100% sukses, Operating System windows tersebut berhasil di instal dengan sempurna, tanpa ada masalah.

Tips dan Catatan

  • Bagi pengguna yang tidak memiliki DVD Disk Drive seperti Netbook kecil, atau internal DVD Drive laptop notebook komputernya rusak, mungkin ini cukup membingungkan, karena satu-satunya jalan instal ulang Windows 8 di laptop, notebook, netbook, hanya pake USB, flashdisk.
  • Langkah pertama sebelum melakukan instalasi windows 8 dengan Flashdisk yaitu kita harus memiliki Flashdisk yang telah terinstal Windows, kemudian kita jadikan Flashdisk tersebut Windows 8 Flashdisk Installer, anda dapat menyimpan Flashdisk tersebut sebagai windows ataupun diformat ulang untuk keperluan lain di masa yang akan datang.
  • Ikuti link berikut untuk Cara Install Windows 8 Dari DVD dengan Sempurna.

Persiapan Instalasi

  1. Persiapkan segala yang diperlukan untuk mentransfer Windows 8 ke Flashdisk.
    • Siapkan Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7/8 dan 2 Gb untuk Windows XP.
    • Siapkan Sumber Windows 8, bisa dari kepingan DVD atau ISO file yang tersimpan di Hard Disk.
    • Untuk menginstall windows 8 dengan flashdisk dapat menggunakan file ISO ataupun DVD sebagai sumbernya.
    • Siapkan Software Wintoflash untuk Mentransfer CD Windows XP atau DVD Windows 7/8 ke Flashdisk. Download Software Program Wintoflash pada link yang tersedia dibawah.
    • Sebagai catatan, ada beberapa macam software yang dapat digunakan untuk mentransfer windows, namun menurut saya inilah yang sangat mudah dan sederhana, karena Software ini Gratis, dan tidak memerlukan Software pendukung lainnya, cukup Software Wintoflash.
  2. Download Software Wintoflash, disini saya menggunakan versi 0.7.0054, Pilih Latest Version dan Perhatikan Versinya, karena versi sebelumnya berbeda. Jika masuk ke website resmi wintoflash, cari download, kemudian cari All Version Di bawahnya, kemudian download versi terbaru paling kiri atas, warna hijau.

Cara Menginstall Windows 8

Berikut adalah cara menginstall windows 8 dengan flashdisk:
1. Setelah Persiapan dan Download progam selesai, Kemudian klik kanan “Extract” menggunakan Winrar dan Jalankan Wintoflash. Belum Tau WinRar Klik Di sini.
2. Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, “I Accept” kemudian Next dan Next sampai muncul tampilan “Windows Setup Transfer Wizard” pada langkah 3.
3. Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode.
wintoflash setup
Image: Windows setup wizard
  • Kemudian untuk Windows 8 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).
transfer setup
Image: pengaturan transfer windows 8 ke flashdisk
4. Pilih drive Sumber Windows, biasanya kepingan CD/DVD Windows atau ISO file, khusus untuk file berbentuk ISO pake wintoflash versi terbaru dan drive flashdisk yang akan ditransfer.
sumber windows
Image: Sumber windows dari CD/DVD atau file ISO
  • Seperti gambar diatas Posisi DVD Windows 8 bisa di drive mana saja, biasanya drive E, kebetulan punya saya di drive H.
  • Seperti gambar dibawah, disini Posisi Flashdisk bisa di drive mana saja, kebetulan punya saya di drive I.
target flashdisk
Image: atur target windows 8 ke flashdisk
5. Klik “Run”, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flashdisk sudah terinstal Windows dan dapat digunakan.
run transfer
Image: jalankan transfer windows
6. Masukan Flashdisk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan.
insert flashdisk
Image: Masukan flashdisk ke komputer atau laptop
7. Nyalakan Laptop, kemudian masuk ke “Setup Menu BIOS” dengan menekan F2 SAAT MENYALAKAN LAPTOP atau KOMPUTER (Pada beberapa merk lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10, kadang + tombol “fn”). Kalo belum tau caranya, lihat saja videonya.
turn on computer laptop
Image: mulai menyalakan komputer atau laptop
pc menu bios
Image: Masuk ke Menu BIOS
  • Catatan, Tampilan Menu Bermacam-macam tergantung Merk Laptop atau Komputer.
8. Cari Tab Boot di Menu atas dan Pilih setting Boot Pertama ke USB Flashdisk – cara pengaturannya biasanya ada disebelah kanan Menu (biasanya dengan menekan “Page Up/Page Down” atau tombol +/-), kemudian Pilih Tab Exit dan Save (Yes), maka Laptop akan segera “Restart”. Kebetulan punya saya memakai USB Merk SanDisk Cruzer.
bios setup
Image: Pengaturan booting dari flashdisk pada menu bios
9. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer.
loading installation
Image: loading installation windows
10. Penting, Jika Instalasi Windows (Expanding Windows files) telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flashdisk untuk menghindari pengulangan Setup Windows 8, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan “Finalizing Installation”.
installing windows 8
Image: Memulai install Windows 8
  • Wajib Cabut Flashdisk setelah ini Restart Otomatis, cabut Flashdisk manual.
11. Setelah Restart, Windows akan melanjutkan instalasinya (Finalizing Installation) secara otomatis.
12. Setelah Restart yang kedua kalinya, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows 8 Dengan Flashdisk telah Sukses.
13. Selesai, Selamat mudah-mudahan instalasi tersebut dapat berjalan lancar.
windows 8 start screen, finish
Image: Tampilan depan windows 8 atau 8.1

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Andhika Yuswanto | Bloggerized by Kunir - JAWA TIMUR | UNIVERSITAS JEMBER