Sunday 20 March 2011

Membuat program dalam bahasa C++

MICROSOFT VISUAL C++ 6.0



I.                    Program Sederhana-1: Menampilkan ‘Hello, World!’ pada layar


Langkah-langkah membuat template program sederhana:

1.      Jalankan software Microsoft Visual C++ 6.0 dari Microsoft Visual Studio 6.0 (jika perlu mintalah bantuan asisten)

2.      Pilih menu File -> New


3.      Pada dialog box pilih tab Projects, selanjutnya:
  • Pilih/klik Win 32 Console Application
  • Tulis nama project, misalkan ProgramPertamaku pada isian Project_name:
  • Tentukan direktori tempat project ini berada pada Location: (kemungkinan diisi dengan direktori home anda)
  • Klik OK

4.      Akan muncul dialog box Win 32 Console Application:
  • Pilih radio button A “Hello, World!” application
  • Klik Finish
  • Klik OK

5.      Pada window kecil (biasanya di sebelah kiri):
  • Klik tab FileView
  • Klik tanda + pada ProgramPertamaku files
  • Klik tanda + pada Source files
  • Double Klik pada ProgramPertamaku.cpp, akan muncul teks program :

// ProgramPertamaku.cpp : Defines the entry point for the console application.
//

#include "stdafx.h"

int main(int argc, char* argv[])
{
      printf("Hello World!\n");
      return 0;
}

6.      Pilih menu Build -> Build ProgramPertamaku.exe atau tekan F7 pada keyboard

7.      Pilih icon/gambar tanda seru (!), akan muncul window console seperti berikut:



II.                  Program Sederhana-2: Membaca dua buah bilangan bulat dan menampilkan hasil penjumlahannya


Petunjuk:
1.      Gunakan langkah-langkah pembuatan template program seperti di atas sampai langkah ke-5 , tetapi gunakan Project_name yang berbeda,misalnya ProgramKeduaku

2.      Gantilah blok program fungsi main dengan yang berikut:

   int integer1; /* first number to be input by user  */
   int integer2; /* second number to be input by user */
   int sum;      /* variable in which sum will be stored */

   printf( "Enter first integer\n" ); /* prompt */
   scanf( "%d", &integer1 );          /* read an integer */

   printf( "Enter second integer\n" ); /* prompt */
   scanf( "%d", &integer2 );           /* read an integer */

   sum = integer1 + integer2; /* assign total to sum */

   printf( "Sum is %d\n", sum ); /* print sum */

   return 0; /* indicate that program ended successfully */

3.      Lakukan langkah-6 dan 7 template seperti program I

III.                  Program Sederhana-3: Mencoba operator persamaan dan operator relasi


Petunjuk:
1.      Gunakan langkah-langkah program II , tetapi gunakan Project_name yang berbeda,misalnya ProgramKetigaku

2.      Gantilah blok program fungsi main dengan yang berikut:

   int num1; /* first number to be read from user  */
   int num2; /* second number to be read from user */
  
   printf( "Enter two integers, and I will tell you\n" );
   printf( "the relationships they satisfy: " );

   scanf( "%d%d", &num1, &num2 ); /* read two integers */
  
   if ( num1 == num2 ) {
      printf( "%d is equal to %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   if ( num1 != num2 ) {
      printf( "%d is not equal to %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   if ( num1 < num2 ) {
      printf( "%d is less than %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   if ( num1 > num2 ) {
      printf( "%d is greater than %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   if ( num1 <= num2 ) {
      printf( "%d is less than or equal to %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   if ( num1 >= num2 ) {
      printf( "%d is greater than or equal to %d\n", num1, num2 );
   } /* end if */

   return 0; /* indicate that program ended successfully */




Latihan:

Buatlah program yang memiliki fungsi:
1.      Membaca input berupa skor (angka bilangan bulat) dari seorang mahasiswa
2.      Menampilkan nilai (dalam huruf) dari mahasiswa tsb.

Adapun syarat-syarat pemberian nilai adalah sebagai berikut:

  • Jika skor > 90 nilai: A
  • Jika 86 <= skor <= 90 nilai: A-
  • Jika 81 <= skor <= 85 nilai: B+
  • Jika 76 <= skor <= 80 nilai: B
  • Jika 71 <= skor <= 75 nilai: B-
  • Jika 66 <= skor <= 70 nilai: C+
  • Jika 61 <= skor <= 65 nilai: C
  • Jika 56 <= skor <= 60 nilai: C-
  • Jika 46 <= skor <= 55 nilai: D
  • Jika skor <= 45 nilai: E

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Andhika Yuswanto | Bloggerized by Kunir - JAWA TIMUR | UNIVERSITAS JEMBER