MICROSOFT VISUAL C++ 6.0
I. Program Sederhana-1: Menampilkan ‘Hello, World!’ pada layar
Langkah-langkah membuat template program sederhana:
1. Jalankan software Microsoft Visual C++ 6.0 dari Microsoft Visual Studio 6.0 (jika perlu mintalah bantuan asisten)
2. Pilih menu File -> New
3. Pada dialog box pilih tab Projects, selanjutnya:
- Pilih/klik Win 32 Console Application
- Tulis nama project, misalkan ProgramPertamaku pada isian Project_name:
- Tentukan direktori tempat project ini berada pada Location: (kemungkinan diisi dengan direktori home anda)
- Klik OK
4. Akan muncul dialog box Win 32 Console Application:
- Pilih radio button A “Hello, World!” application
- Klik Finish
- Klik OK
5. Pada window kecil (biasanya di sebelah kiri):
- Klik tab FileView
- Klik tanda + pada ProgramPertamaku files
- Klik tanda + pada Source files
- Double Klik pada ProgramPertamaku.cpp, akan muncul teks program :
// ProgramPertamaku.cpp : Defines the entry point for the console application.
//
#include "stdafx.h"
int main(int argc, char* argv[])
{
printf("Hello World!\n");
return 0;
}
6. Pilih menu Build -> Build ProgramPertamaku.exe atau tekan F7 pada keyboard
7. Pilih icon/gambar tanda seru (!), akan muncul window console seperti berikut:
II. Program Sederhana-2: Membaca dua buah bilangan bulat dan menampilkan hasil penjumlahannya
Petunjuk:
1. Gunakan langkah-langkah pembuatan template program seperti di atas sampai langkah ke-5 , tetapi gunakan Project_name yang berbeda,misalnya ProgramKeduaku
2. Gantilah blok program fungsi main dengan yang berikut:
int integer1; /* first number to be input by user */
int integer2; /* second number to be input by user */
int sum; /* variable in which sum will be stored */
printf( "Enter first integer\n" ); /* prompt */
scanf( "%d", &integer1 ); /* read an integer */
printf( "Enter second integer\n" ); /* prompt */
scanf( "%d", &integer2 ); /* read an integer */
sum = integer1 + integer2; /* assign total to sum */
printf( "Sum is %d\n", sum ); /* print sum */
return 0; /* indicate that program ended successfully */
3. Lakukan langkah-6 dan 7 template seperti program I
III. Program Sederhana-3: Mencoba operator persamaan dan operator relasi
Petunjuk:
1. Gunakan langkah-langkah program II , tetapi gunakan Project_name yang berbeda,misalnya ProgramKetigaku
2. Gantilah blok program fungsi main dengan yang berikut:
int num1; /* first number to be read from user */
int num2; /* second number to be read from user */
printf( "Enter two integers, and I will tell you\n" );
printf( "the relationships they satisfy: " );
scanf( "%d%d", &num1, &num2 ); /* read two integers */
if ( num1 == num2 ) {
printf( "%d is equal to %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
if ( num1 != num2 ) {
printf( "%d is not equal to %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
if ( num1 < num2 ) {
printf( "%d is less than %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
if ( num1 > num2 ) {
printf( "%d is greater than %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
if ( num1 <= num2 ) {
printf( "%d is less than or equal to %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
if ( num1 >= num2 ) {
printf( "%d is greater than or equal to %d\n", num1, num2 );
} /* end if */
return 0; /* indicate that program ended successfully */
Latihan:
Buatlah program yang memiliki fungsi:
1. Membaca input berupa skor (angka bilangan bulat) dari seorang mahasiswa
2. Menampilkan nilai (dalam huruf) dari mahasiswa tsb.
Adapun syarat-syarat pemberian nilai adalah sebagai berikut:
- Jika skor > 90 nilai: A
- Jika 86 <= skor <= 90 nilai: A-
- Jika 81 <= skor <= 85 nilai: B+
- Jika 76 <= skor <= 80 nilai: B
- Jika 71 <= skor <= 75 nilai: B-
- Jika 66 <= skor <= 70 nilai: C+
- Jika 61 <= skor <= 65 nilai: C
- Jika 56 <= skor <= 60 nilai: C-
- Jika 46 <= skor <= 55 nilai: D
- Jika skor <= 45 nilai: E
0 komentar:
Post a Comment